News
Rabu, 11 November 2009 - 13:08 WIB

Kedatangan Thaksin ke Kambojo memicu konflik dua negara

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bangkok--Kedatangan mantan Perdana Menteri (PM) Thailand Thaksin Shinawatra ke Kamboja menimbulkan ketegangan antara Thailand dan Kamboja. Bahkan menurut para analis, hal itu bisa memicu kedua negara untuk kembali terlibat konflik.

Thaksin tiba di Kamboja menyusul penunjukkan dirinya sebagai penasihat ekonomi pemerintah Kamboja. Pemerintah Thailand secara resmi meminta pemerintah Kamboja mengekstradisi Thaksin. Namun sebelumnya pemerintah Kamboja telah menegaskan akan menolak permintaan ekstradisi tersebut.

Advertisement

Menurut para analis, isu ini bisa memancing timbulnya kembali bentrokan berdarah atas sengketa kuil di perbatasan Thai-Kamboja.

“Situasi bari ini telah membuat Thailand dan Kamboja semakin dekat pada konflik potensial,” kata Paul Chambers, pakar politik Thai di Heidelberg University, Jerman seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (11/11).

Hubungan Thaksin dan PM Kamboja Hun Sen telah terjalin erat sejak 2003. Atas sejak mereka memperbaiki hubungan kedua negara menyusul pembakaran kedutaan besar Thailand oleh para perusuh asal Kamboja. Hubungan itu tetap akrab setelah Thaksin digulingkan dalam kudeta militer 2006.

Advertisement

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kamboja Thaksin
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif