Rabu, 11 November 2009 14:28 WIB News Share :

Dewan ajukan hak angket kasus Bank Century


Jakarta–
Dukungan terhadap Hak angket kasus Bank Century terus bergulir. 73 Anggota dari 7 fraksi di DPR sudah membubuhkan tanda tangan tanda mendukung penyelidikan atas penyedotan uang negara sebesar Rp 6,7 triliun itu.

Juru bicara inisiator hak angket Gayus Lumbuun menjelaskan 7 fraksi tersebut adalah Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fraksi Gerindra, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera dan Fraksi Hanura.

“Mudah-mudahan unsur-unsur bisa bergerak dan memiliki inisiatif yang sama dengan kami untuk ditindaklanjuti,” kata Gayus dari F-PDIP dalam jumpa pers di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/11).

Nama anggota fraksi yang telah menandatangani dukungan angket di antaranya Ahmad Kurdi (F-PPP), M Hutabarat (F-Gerindra), Saifuddin Suding (F-Hanura), Chairuman Harahap (F-PG), KH Buchori (F-PKS), Effendi Choirie (F-PKB). Sementara dari F-PDIP yang menjadi inisiator angket, sudah ada 62 anggota yang menandatangani.

Gayus menambahkan hak angket adalah hak individual setiap anggota dewan yang diatur dalam tata tertib, sehingga setiap fraksi tidak mempunyai kewenangan untuk mengatur dan mengarahkan anggotanya. “Mendukung pansus, tidak melanggar hukum,” cetusnya.

Tata Tertib anggota dewan menyebut minimal 25 orang anggota sudah bisa mengajukan usulan hak angket. Usulan ini rencananya segera akan dibawa ke pimpinan DPR, kemudian dibawa ke Badan Musyawarah besok untuk diagendakan di Rapat Paripurna.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…