Rabu, 11 November 2009 14:52 WIB Ekonomi Share :

4 Hal yang tidak boleh Anda lakukan dengan kartu kredit

Susan McCarthy, seorang penasihat finansial di Oklahoma City dan penulis buku The Value of Money, seperti dikutip Yahoonews.com membuat daftar empat hal yang tidak boleh Anda lakukan dengan kartu kredit Anda:

1. Jangan hanya membayar tagihan minimal. Hal ini akan mengulur pembayaran Anda dan ingat ada bunga, yang tentu saja secara akan meningkatkan pembayaran Anda secara keseluruhan.

2. Jangan membawa terlalu banyak kartu. Semakin banyak kartu kemungkinan besar akan meningkatkan utang karena akan semakin sulit mengendalikan pengeluaran Anda. Memiliki banyak kartu mungkin tidak terlalu buruk, namun jika salah menggunakannya itulah yang mendatangkan masalah. Maka, batasi hanya memiliki dua kartu saja dan pergunakanlah dengan hati-hati.

3. Jangan lewati batas pembayaran. Sebab,hal ini tidak saja membuat Anda mendapat bayaran penalti tambahan karena terlambat, namun juga akan menaikkan bunga tagihan kartu kredit Anda. Manfaatkan layanan online banking atau pembayaran melalui telepon agar Anda tepat dalam membayar tagihan kartu Anda. (Anda mungkin akan dikenai biaya pemrosesan, namun hal ini mungkin akan menghindari Anda dari kemungkinan keterlambatan membayar dan tingginya bunga).

4. Jangan mudah mengambil uang tunai dari kartu kredit. Sebab, biasanya pengambilan tunai melalui kartu kredit dikenai bunga yang lebih tinggi. Maka sebisa mungkin hindari mengambil uang tunai dari kartu kredit Anda.

tya

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…