Selasa, 10 November 2009 18:55 WIB News,Internasional Share :

Terkait penyelundupan, lima nelayan Indonesia dihukum lima tahun penjara

Canberra— Enam orang nelayan Indonesia masing-masing dijatuhi hukuman lima tahun penjara karena menyelundupkan lebih dari 150 warga Afghanistan ke Australia.

Enam orang itu yang kesemuanya adalah laki-laki adalah Jamil Muhammad, Samsul Lalu, Aditia Muhamad, Faisal Muhammad, Asis dan Baharuddin, muncul di pengadilan Distrik Perth yang dipimpin Hakim Andrew Stavrianou, Selasa (10/11).

Dalam persidangan, diketahui jika para pelaku dibayar sekitar 1.000 dolar AS masing-masing untuk mengawaki sebuah kapal dari Indonesia ke perairan Australia antara April hingga Mei tahun ini.

Para pelaku pada umumnya hanya memperoleh pendapatan kurang dari 60 dolar AS setiap bulan. Dalam tuntutannya, hakim Stavrianou mengatakan bahwa sekalipun para pelaku bukan pelaku utama dalam operasi penyelundupan, namun tindakan mereka membahayakan nyawa manusia demi keuntungan materi semata.

Mereka menghadapi tuntutan maksimum penjara 21 tahun, namun mereka hanya menerima hukuman minimun selama lima tahun.

ant/isw

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…