Selasa, 10 November 2009 09:11 WIB Haji,Internasional Share :

Tahun 2010, pemondokan haji maksimal 4.000 meter dari Masjidil Haram

Jakarta–Pemerintah terus berupaya memaksimalkan pelayanan ibadah haji dari tahun ke tahun. Untuk tahun 2010, pemerintah menargetkan mendapatkan pemondokan haji yang jauhnya maksimal 4.000 meter dari Masjidil Haram. Dengan demikian, bisa meminimalisasi kebutuhan transportasi jamaah di tanah suci.

“Kita upayakan tahun 2010 pemondokan paling jauh 4.000 meter,” kata Menteri Agama Suryadarma Ali di kantor Presiden, Jl Veteran, Jakarta, Senin (9/11) malam.

Surya menceritakan, untuk musim haji tahun ini, pemondokan jamaah haji Indonesia dibagi dalam dua ring. Ring pertama berjarak maksimal 2.000 meter dari Masjidil Haram. Sedangkan ring 2 berjarak maksimal 7 ribu meter dari Masjidil Haram.

“Total jamaah haji tahun ini mencapai 208.240 jamaah dengan perincian 191 ribu jamaah haji reguler, dan 17.240 jamaah haji khusus,” jelas mantan Menteri Koperasi dan UKM ini.

Untuk masalah kesehatan dan catering, Menag juga berjanji akan semakin memaksimalkan pelayanan, agar kejadian-kejadian yang tidak diinginkan tahun lalu tidak terulang lagi.

Dia menambahkan, hingga saat ini total jamaah haji yang meninggal dunia mencapai 21 orang, sementara 45 orang dirawat di rumah sakit. Bagi yang meninggal, Menag berjanji akan memberi santunan berupa asuransi sebesar Rp 32 juta bagi yang sakit. Sedangkan asuransi Rp 64 juta akan diberikan bagi jamaah haji yang meninggal akibat kecelakaan.

“Ada jamaah haji yang melahirkan prematur. Namun hingga saat ini kondisinya sehat wal afiat,” ujarnya.

Presiden SBY, lanjut Menag, meminta kepada petugas haji yang ada di Arab Saudi untuk bekerja maksimal memberikan pelayanan kepada para jamaah haji. Segala kebutuhan para jamaah hendaknya dipenuhi agar mereka bisa beribadah dengan maksimal dan bisa kembali selamat ke tanah air.

dtc/isw

lowongan kerja
lowongan kerja Klinik Bersalin utama RB. DR. JOHAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Kasus Klaten Mengingat Pejabat Pengingkar Amanat

Gagasan┬áSolopos ini telah terbit di HU Solopos Edisi Rabu (4/1/2017). Buah gagasan Muhammad Milkhan, pengurus cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Klaten yang beralamat email di┬ámilkopolo@rocketmail.com. Solopos.com, SOLO —┬áPredikat laknat memang pantas disematkan kepada para pejabat yang mengingkari amanat. Para pejabat…