Selasa, 10 November 2009 11:53 WIB Internasional Share :

Hillary Clinton
dakwaan spionase tidak mendasar


Washington–
Pemerintah AS menyerukan pembebasan segera ketiga warganya yang ditangkap di Iran dan dikenai dakwaan spionase.

Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Hillary Rodham Clinton mengatakan, dakwaan spionase tersebut tidak berdasar. “Kami sangat percaya bahwa tak ada bukti untuk mendukung tuduhan,” kata Hillary kepada wartawan di Berlin, Jerman seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (10/11).

“Dan kami akan mengulangi permintaan kami atas nama ketiga pemuda tersebut dan keluarga mereka agar pemerintah Iran menunjukkan belas kasihan dan membebaskan mereka, sehingga mereka bisa pulang ke rumah,” imbuh Hillary.

Ditegaskan mantan ibu negara AS itu, pemerintah AS akan terus mengupayakan kasus ini melalui otoritas Swiss yang mewakili kepentingan AS di Teheran, Iran.

Ketiga warga AS yang ditangkap tersebut adalah Shane Bauer (27), Sarah Shourd (31) dan Josh Fattal (27). Mereka ditangkap pada 31 Juli setelah tersasar masuk ke perbatasan Iran dari Irak utara. Pemerintah AS dan keluarga trio tersebut bersikeras bahwa mereka saat itu sedang hiking dan secara tak sengaja masuk ke perbatasan Iran.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…