News
Selasa, 10 November 2009 - 11:47 WIB

Didakwa spionase, Iran tahan tiga warga AS

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Teheran–Tiga warga AS dikenai dakwaan spionase oleh otoritas Iran. Dua pria dan seorang wanita AS itu ditangkap polisi Iran pada Juli lalu di dekat perbatasan dengan Irak.

Kepala jaksa Teheran, Abbas Jaffari Doulatabadi mengatakan, investigasi masih terus berlangsung terhadap trio tersebut. Ketiganya adalah Shane Bauer (27), Sarah Shourd (31), dan Josh Fattal (27). Demikian disampaikan kantor berita resmi Iran, IRNA.

Advertisement

“Ketiga warga Amerika yang ditangkap dekat perbatasan Iran dan Irak tersebut sedang menghadapi tuduhan mata-mata dan penyelidikan masih terus berlangsung,” kata Doulatabadi seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (10/11).

Ketiga warga AS tersebut merupakan lulusan University of California, Berkeley. Mereka ditangkap pada 31 Juli setelah tersasar masuk ke perbatasan Iran dari Irak utara.

Pemerintah AS dan keluarga trio tersebut bersikeras bahwa mereka saat itu sedang hiking dan secara tak sengaja masuk ke perbatasan Iran. Washington pun menyerukan pembebasan segera ketiga orang tersebut.

Advertisement

Namun Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menegaskan hukum harus ditegakkan sebagaimana mestinya. “Di semua negara, menyeberangi perbatasan secara ilegal akan mendatangkan hukuman yang sangat berat, menurut hukum,” tandas Ahmadinejad.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Spionase
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif