Senin, 9 November 2009 19:01 WIB Haji,Internasional Share :

Pemerintah Arab Saudi bangun monorel

Makkah--Pemerintah Arab Saudi mulai mengoperasikan monorel tahun depan. Monorel ini nantinya dikhususkan untuk mengangkut jamaah calon haji seputar Makkah-Arafah-Muzdalifah dan Mina.

Wakil Menteri Urusan Perkotaan dan Pedesaan Arab Saudi, Habeeb Zain Al Abidine mengatakan, pihaknya akan menyiapkan 500.000 monorel. Diperkiraan waktu untuk mengangkut seluruh jamaah dalam tempo 6-8 jam.

“Monorel ini, akan menggantikan fungsi 30.000 bus yang selama ini dipergunakan untuk mengangkut jamaah haji,” kata Zain Al-Abidene ketika berbicara di seminar tentang proyek-proyek teknik sipil untuk haji seperti dilansir Arabnews, yang juga dikutip oleh Media Center Haji PPIH, Makkah, Senin (9/11).

Zain Al-Abidine mengatakan, proyek monorel yang dibangun dengan biaya 675 miliar Riyal Saudi akan membawa perubahan besar dalam layanan tranportasi haji.

“Jika proyek ini berjalan sukses, kami akan mengembangkan dan menerapkan sistem monorel untuk pengangkutan jamaah haji di tempat-tempat lain,” jelasnya.

Pemerintah Arab Saudi sendiri saat ini tengah mengkaji untuk memperluas proyek monorel ke stasiun dekat Masjidil Haram di Makkah agar bisa integrasi dengan sistem angkutan lainya, seperti Haramain Railway yang menghubungkan Makkah dan Madinah. Proyek ini dilakukan dengan kerjasama pemerintah China, yang kesepakatannya telah ditandatangani di hadapan Raja Abdullah dan Presiden Cina Hu Jintao di Riyadh pada 10 Februari 2009 lalu.

Zain Al Abidine, yang juga Sekretaris Jenderal Komisi Pembangunan Makkah, Madinah dan tempat-tempat suci, mengatakan studi kelayakan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan internasional telah mengusulkan lima monorel yang menghubungkan pusat-pusat kegiatan ibadah haji.

“Studi kelayakan monorel ini menyarankan, proyek kedua dibangun dua atau tiga tahun setelah pembangunan pertama,” katanya, seraya menambahkan bahwa satu monorel menelan biaya 4 miliar Riyal Saudi. Proyek pertama monorel diharapkan dapat mengangkut 1 juta jamaah haji dan 360.000 jamaah lokal.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…