Senin, 9 November 2009 18:08 WIB Sport Share :

Jepang libas Indonesia 7-0

Bandung–Timnas Jepang U-19 melibas Timnas Indonesia 7-0 (3-0) pada penyisihan Piala Asia U-19 Grup F di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, Senin.     

Tujuh gol kemenangan “Negeri Sakura” diciptakan oleh Takagi Toshiyuki yang mencetak hattrik pada menit ke-3, 52 dan 56.
Gol lainnya dicetak oleh Nagai Ryo menit ke-10 dan 70, Kato Masaru 40 dan pemain belakang Takahashi Shohei menit ke-54.

Dengan kekalahan telak itu, tertutup sudah peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Asia, pada pertandingan sebelumnya Indonesia juga dikalahkan Singapura 0-1.

Sebaliknya, Timnas Jepang kian berpeluang untuk lolos mewakili Grup F. Tim asuhan pelatih Nuno Keiichiro saat ini memimpin grup F dengan nilai enam hasil dua kali menang dan selisih gol fantastis 11 memasukan tanpa kemasukan.

Kekalahan Timnas Indonesia dengan skor telak itu membuat kecewa sekitar seribu suporter yang hadir di Stadion Si Jalak Harupat. Sebagian besar penonton tidak menyangka tim yang berlatih selama dua tahun di Uruguay itu menelan kekalahan telak dari tim Jepang.

Pertandingan yang dipimpin wasit Kodhim Oda Lazem dari Irak itu berlangsung tidak seimbang. Pasukan “Sakura” unggul di semua lini dan terus menekan sejak menit awal pertandingan.

Hampir sepanjang pertandingan, Timnas Indonesia yang tidak menurunkan kapten tim Syamsir Alam mendapat tekanan, dan nyaris tanpa peluang ke gawang Jepang yang dikawal kiper Nakamura Hayato.

Gol cepat Jepang yang dicetak Takagi Toshiyuki pada menit ke-3 babak pertama, cukup membebani pemain timnas Indonesia yang harus mengakui keunggulan lawan di semua lini.

Bahkan sepanjang babak kedua, Timnas Indonesia dipaksa untuk konsentrasi di sektor pertahanan untuk menahan agar tidak kebobolan lebih banyak lagi.

Striker Alan Martha dan Yandi Sofyan Munawar digantikan pemain berkarakter bertahan Refa Arvindo dan Ridwan Awaludin. Namun para pemain Indonesia kalah di semua lini dan harus mengakui kekalahan telak 0-7 atas tim “Matahari Terbit” itu.

Kartu kuning diberikan wasit Kadhim Oda Lazeem dari Irak kepada Alfin Ismail Tuasalamoni dan Mokhamad Syaifudin (Indonesia).

Susunan pemain:

Indonesia: Yuwanto Stya Beny (kiper), Yericho Christiantoko, Ferry Firmansyah, Mokhamad Syaifudin, Abdul rahman Lestaluhu, Yandi Sofyan/ Ridwa Awaludin, Alan Martha/ Refa Arvindo, Mochamad Zaenal Haq, Rizki Ahmad Sanjaya, Vava Mario Zagalo/ Sahlan Sodik, Alfin Ismail Tuasalamoni. Pelatih : Cesar Payovich.

Jepang: Nakamura Hayato (kiper), Tanaka Masaki, Takahasi Shohei, Kikuci Daisuki, Musaka Mitsunari, Oghihara Takahiro, Kato Masaru, Furuta Hiroyuki/ Osaki Junya, Takagi Toshiyoki, Nagai Ryo, Iwata Shuhei/ Yamazaki Naoyuki. Pelatih: Nuno Keiichiro.
Ant/tya

lowongan pekerjaan
, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…