News
Senin, 9 November 2009 - 18:11 WIB

Depdiknas siap hapus SNMPTN

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Surabaya–
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) berencana menghapus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan diganti dengan sistem nilai dari hasil ujian di tingkat SMA.

Saat ini berbagai persiapan dilakukan oleh Depdiknas yaitu dengan meningkatkan kerjasama perguruan tinggi dengan sekolah.

Advertisement

“Kredibilitas ujian nasional masih perlu ditingkatkan. Sehingga perguruan tinggi dan sekolah harus bisa kerjasama untuk proses integrasi ujian nasional. Kami menuntut tahun ini integrasi itu selesai sehingga SNMPTN perlahan bisa dihapus,” kata Menteri Pendidikan Nasional, M Nuh di sela-sela Pembukaan Lomba Citra Elektronik Nasional XIV di Balai Pemuda Jalan Pemuda, Surabaya, Senin (9/11).

Menurut Nuh, penghapusan SNMPTN untuk memperpendek rantai siswa masuk perguruan tinggi. Tidak menutupi kemungkinan soal-soal masuk ujian nasional merupakan perpaduan dari pakar perguruan tinggi dan akademisi di sekolah.

“Cuma saya tidak mau ada asumsi SMNPTN dihapus. Tapi kalau kualitas ujian nasional semuanya bisa jadi berubah. Kenapa ujian SD bisa digunakan SMP dan hasil SMP bisa digunakan SMA sedang hasil ujian SMA juga bisa digunakan masuk PT,” tandasnya.

Advertisement

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Depdiknas SNMPTN
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif