Senin, 9 November 2009 18:11 WIB News,Pendidikan Share :

Depdiknas siap hapus SNMPTN


Surabaya–
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) berencana menghapus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan diganti dengan sistem nilai dari hasil ujian di tingkat SMA.

Saat ini berbagai persiapan dilakukan oleh Depdiknas yaitu dengan meningkatkan kerjasama perguruan tinggi dengan sekolah.

“Kredibilitas ujian nasional masih perlu ditingkatkan. Sehingga perguruan tinggi dan sekolah harus bisa kerjasama untuk proses integrasi ujian nasional. Kami menuntut tahun ini integrasi itu selesai sehingga SNMPTN perlahan bisa dihapus,” kata Menteri Pendidikan Nasional, M Nuh di sela-sela Pembukaan Lomba Citra Elektronik Nasional XIV di Balai Pemuda Jalan Pemuda, Surabaya, Senin (9/11).

Menurut Nuh, penghapusan SNMPTN untuk memperpendek rantai siswa masuk perguruan tinggi. Tidak menutupi kemungkinan soal-soal masuk ujian nasional merupakan perpaduan dari pakar perguruan tinggi dan akademisi di sekolah.

“Cuma saya tidak mau ada asumsi SMNPTN dihapus. Tapi kalau kualitas ujian nasional semuanya bisa jadi berubah. Kenapa ujian SD bisa digunakan SMP dan hasil SMP bisa digunakan SMA sedang hasil ujian SMA juga bisa digunakan masuk PT,” tandasnya.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
PT. BPR Mitra Banaran Mandiri, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…