Senin, 9 November 2009 17:12 WIB Haji,Internasional Share :

Cegah Calhaj ilegal, Arab Saudi bangun 11 pos pemeriksaan

Makkah–Pemerintah Arab Saudi mendirikan 11 pos pemeriksaan di seluruh pintu masuk kota Makkah, Arab Saudi. Pos-pos pemeriksaan yang menggunakan peralatan berteknologi canggih ini untuk mencegah masuknya jamaah haji ilegal.

“Kami memiliki staf yang berkualitas dari angkatan laut, udara dan darat yang ditempatkan di semua pintu masuk untuk menyambut dan melayani jamaah haji selama berada di Makkah dan Madinah,” kata Komandan Pasukan Keamanan Haji untuk Paspor Taghaleeb, Kolonel Ayied bin Al-Harbi kepada Arab News, yang juga dikutip Media Center Haji PPIH, Makkah, Senin (9/11).

Ayied akan memberikan sanksi hukuman yang berat bagi setiap orang yang mencoba menyelundupkan jamaah haji domestik dan tidak mempunyai izin haji. Jamaah haji domestik perlu memiliki izin haji, vaksinasi dan foto kopi Iqama dan akan diperiksa di pos-pos pemeriksaan.

“Pelaku akan dikenakan denda 10.000 Riyals Saudi atau pidana penjara paling lama enam bulan atau terkena kedua hukuman tersebut,” tegasnya.

Ditambahkan Ayied, hukuman mungkin juga termasuk penyitaan kendaraan, pelanggaran terhadap pelayanan publik dan dideportasi.

“Kami memiliki alat untuk mengungkapkan dokumen-dokumen palsu dan juga memiliki pasukan keamanan untuk mencegah jamaah haji ilegal masuk ke Makkah melalui berbagai jalur darat,” jelasnya.

Sementara mengenai orang-orang yang masa tinggalnya sudah habis dan berada di bawah Jembatan Al-Mansour di Makkah, Kolonel Ayied mengatakan akan mendeportasi secara bertahap setelah dilakukan pemeriksaan sidik jari. Pihak imigrasi setempat akan berkoordinasi dengan aparat keamanan dan konsulat.

“Kami sedang bekerja keras mencarikan solusi akhir yang memastikan bahwa overstayers ilegal ini tidak akan pernah berani kembali,” tuturnya.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…