News
Sabtu, 7 November 2009 - 18:48 WIB

Pimpinan TNI dirombak

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Pergantian pimpinan terjadi di pucuk pimpinan TNI di tiap angkatan. Pergantian ini meliputi posisi KSAD, KSAU, dan KSAL terkesan mendadak.

Informasi yang diperoleh di lingkungan istana kepresidenan, Sabtu (7/11), Letjen TNI George Toisutta yang saat ini menjabat Pangkostrad akan diposisikan sebagai KSAD. George menggantikan Jenderal TNI Agustadi Sasongko.

Advertisement

Sedang KSAL akan dipercayakan kepada Laksamana Madya Agus Suhartono, menggantikan Laksamana Tedjo Edhy Purdijatno. Saat ini, Agus Suhartono masih menjabat sebagai Irjen Dephan.

Sedang KSAU dipercayakan kepada Marsekal Madya Imam Sufaat, menggantikan Marsekal Subandrio. Saat ini, Imam Sufaat menjabat sebagai Panglima Komando Operasi Angkatan Udara.

Pelantikan dan serah terima jabatan (Sertijab) akan dilakukan pada 10 November 2009, di Istana Negara. Pergantian tiga kepala staf ini memang wewenang presiden, tanpa melalui sidang Wanjakti.

Advertisement

Saat dikonfirmasi mengenai kabar ini, Kapuspen TNI Marsekal Muda Sagoem Tamboen mengaku belum tahu. “Saya belum bisa mengkonfirmasi soal ini,” jelas Sagoem saat dihubungi lewat telepon.

Sementara TNI AD membenarkan terjadi pergantian pucuk pimpinan di TNI AD. Letjen TNI George Toisutta dipilih sebagai KSAD menggantikan Jenderal Agustadi Sasongko. Namun pergantian ini tidak mendadak.

“Ini tidak mendadak, kalau perencanaannya sudah lama. Kalau pengumumannya memang baru,” kata Kapuspen TNI AD Brigjen TNI Christian Zebua.

Advertisement

Pergantian KSAD, lanjut Christian, telah lama direncanakan dan merupakan program reorganisasi. “Letjen TNI George Toisutta naik menggantikan Jenderal TNI Agustadi Sasongko,” tambah Christian.

Sertijab di lingkungan TNI AD akan dilakukan pada 11 November, sedang pelantikan oleh presiden pada 9 November di Istana Negara.

Sebelum pergantian resmi dilakukan, selain George Toisutta yang saat ini sebagai Pangkostrad, nama calon KSAD lainnya yang disebut-sebut adalah  Wakil KSAD Letjen TNI Suryo Prabowo.

dtc/isw

Advertisement
Kata Kunci : Dirombak Pimpinan TNI
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif