Sabtu, 7 November 2009 14:10 WIB News Share :

Pengamat
Susno harus dicopot dari jabatannya!

Jakarta–Tak cukup hanya dengan mengundurkan diri, Komjen Pol Susno Duadji seharusnya dicopot dari jabatannya. Selain itu, dugaan keterlibatan Susno dalam kasus Bibit-Chandra juga harus diusut.

“Kapolri harus mengambil langkah dicopot saja. Beda antara mundur sama dicopot. Kalau dia (Kapolri) melihat situasi sedemikian rupa akibat ulah anak buahnya, sebagai pimpinan harusnya mengganti anak buahnya yang tidak profesional,” kata pengamat Kepolisian, Bambang Widodo Umar, Sabtu (7/11).

Menurut Bambang, Susno sudah menimbulkan polemik di masyarakat sehingga muncul ketidakpercayaan publik terhadap institusi Polri. Sebagai pimpinan, seharusnya Kapolri menindak tegas anak buahnya.

“Jangan dipertahankan tapi malah menjadi blunder bagi Kepolisian,” kata Bambang.

Bambang menambahkan, meski nantinya Susno sudah tidak lagi menjabat sebagai Kabareskrim, proses hukum tetap harus berjalan. Dugaan keterlibatan Susno dalam kasus Bibit-Chandra dan Bank Century tetap harus diusut.

“Harus diselidiki ada unsur-unsur kesalahan pidana atau profesi atau tidak. Kalau ada harus diberi sanksi biar menjadi pelajaran bagi polisi-polisi di Polda atau Polres,” kata Bambang.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….