Sabtu, 7 November 2009 16:56 WIB News Share :

Lagi, Bunga Raflesia mekar di Bengkulu

Bengkulu– Bunga Raflesia arnoldi mekar lagi di kawasan Hutan Lindung Taba Penanjung, tepatnya satu kilometer dari perbatasan Kota Bengkulu-Kabupateb Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

“Satu bunga lagi baru mekar, setelah sebelumnya dua bunga juga mekar tapi sudah membusuk. Posisinya tidak jauh dari dua bunga yang mekar sebelumnya,” kata Koordinator Kelompok Peduli Puspa Langka, Holidin, Sabtu (7/11).

Posisi bunga mekar sekitar satu kilometer dari gapura perbatasan ke arah Kabupaten Kepahiang, posisinya 200 meter dari badan jalan raya. Kondisi bunga tersebut sudah mekar sempurna dan bisa dilihat oleh pengunjung.

Selain bunga mekar, sejumlah tombol atau calon bunga juga banyak ditemui tidak jauh dari lokasi tersebut. Enam inang bunga Raflesia juga menunjukkan tanda-tanda adanya tombol.

Jumlah tombol belum bisa dipastikan karena pihaknya belum menghitung. “Banyak tombol yang tidak jauh dari lokasi bunga mekar, jadi  pengunjung bisa menikmati bunga mekar dalam waktu lama karena mekarnya bergantian,” katanya.

Seperti biasanya, Holidin dan anggota kelompok lainnya tidak menetapkan bayaran bagi pengujung yang ingin melihat bunga tersebut tapi disediakan kotak sumbangan.

Ia mengatakan, pihaknya terpacu untuk melindungi bunga mekar dan menjaga habitatnya akibat adanya klaim negara tetangga Malaysia atas bunga Raflesia.

ant/isw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…