News
Sabtu, 7 November 2009 - 18:22 WIB

Gerilyawan Abu Sayyaf diduga pelaku peledakan di gereja Filipina

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Filipina– Gerilyawan meledakkan granat di sebuah gereja Katolik Roma yang dipenuhi jemaat di Filipina selatan yang bergolak, Sabtu (7/11). Hingga kini belum diketahui jumlah korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Jurubicara regional militer Filipina Mayor David Hontivaros kepada wartawan mengatakan sebagian gereja San Isidro Labrador itu rusak akibat ledakan granat yang terjadi  Sabtu dinihari sekitar pukul 1:00 waktu setempat. Gereja tersebut terletak di desa Talon-Talon, bagian selatan kota Zamboaga.

Advertisement

Tidak ada korban cedera dalam serangan granat itu, dan para ahli bom  setempat menemukan serpihan granat di tempat kejadian. Hontiveros mengatakan pihak berwenang telah menemukan sepucuk surat yang ditinggalkan oleh pelaku penyerangan yang ditujukan kepada walikota Zambonga Celso Lobregat, namun isinya tidak dibocorkan kepada wartawan.

Belum ada pihak yang menyatakan bertanggungjawab atas serangan granat itu, namun militer dan polisi Filipina menyalahkan gerilyawan Muslim di bawah Abu Sayyaf yang melancarkan pengemoban di kawasan itu.

Abu Sayyaf, yang dimasukkan dalam daftar organisasi teroris oleh Washington karena dianggap sebagai ancaman keamanan bagi Filipina berupa peledakan bom dan tembakan senjata pada dekade terakhir.

ant/isw

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif