Soloraya
Jumat, 6 November 2009 - 16:50 WIB

Kekeringan, 339 hektare tanaman padi terancam mati

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Sebanyak 339 hektare tanaman padi di Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten terancam mati di awal  musim tanam lantaran lahan mengalami kekeringan menyusul tidak adanya curah hujan di kawasan tersebut.

Koordinator Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Cawas, Ir Jono saat dihubungi Espos mengatakan, sebanyak 339 hektare lahan pertanian itu berada di Desa Burikan sebanyak 98 hektar, Desa Karangasem sebanyak 150 hektar, Nanggulang sebanyak 40 hektare, dan Kedungampel sebanyak 45 hektare. Dikatakannya, sebanyak 339 hektare lahan pertanian itu hanya mengandalkan curah hujan sebagai sumber utama pengairan. Padahal, dalam beberapa hari terakhir hujan tidak juga turun.

Advertisement

“Pertumbuhan tanaman padi sangat bergantung dengan adanya curah hujan. Jadi, jika hujan tidak turun ya tanaman itu terancam kekeringan,” tutur Jono.

Sementara itu, Koordinator PPL Desa Burikan dan Karangasem, Slamet Mulyono mengatakan, sebenarnya pihaknya sudah mengimbau kepada petani agar menunda masa tanam hingga akhir November sesuai dengan petunjuk Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG).

Kendati demikian, para petani tidak mengindahkan imbauan itu dan tetap menanam benih padi di lahan mereka. Dikatakannya, para petani memilih mempercepat masa tanamnya lantaran pada akhir Oktober lalu hujan mengguyur selama tiga hari berturut-turut.
m82

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kekeringan Klaten
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif