Kamis, 5 November 2009 14:08 WIB Ekonomi,News Share :

SBY siapkan jatah cuti untuk Menteri

Jakarta–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengimbau kepada seluruh jajaran menterinya untuk selalu siap bekerja meski harus lembur alias memiliki waktu kerja yang sangat padat.

Karena itu, Presiden mengharapkan agar para menteri untuk menjaga staminanya dengan rajin berolahraga meski waktunya sangat sibuk. Bahkan SBY mewacanakan akan ada cuti kecil setiap tahunnya bagi para menteri untuk meregangkan ketegangan saat bekerja selama setahun. Namun SBY tetap meminta syarat bagi menterinya yang mengambil cuti kecil.

“Sesneg dan Seskab tolong diatur, setahun setelah itu, ada cuti kecil, dangan syarat HP selalu aktif, tidak ada alasan untuk tidak bisa dihubungi,” kata SBY saat membuka rakor kabinet paripurna di kantor Presiden, Jakarta, Kamis (5/11).

“Dua minggu saudara dalam lingkungan kabinet. Bagi yang baru bekerjasama dengan saya, jumlahnya lebih dari 60%, barang kali mulai merasakan saudara dikejar-kejar waktu atau waktunya kurang. Itu tanda baik, kalau kelebihan waktu berarti kurang banyak tugas yang dikerjakan,” kata SBY disambut tawa para menterinya.

Dikatakan SBY, pihaknya sadar kesibukan sebagai menteri di masa kabinetnya akan banyak menguras waktu dan tenaga. Ia mencontohkan untuk menteri-menteri ekonomi seringkali rapat pada pagi hari buta yaitu pukul 07.00. Tak hanya itu saja sering kali beberapa menteri harus lembur hingga malam hari di Istana Negara.

“Ini untuk rakyat saya minta saudara-saudara ikhlas. Olahraganya diatur, silahkan dipilih pagi, atau sore. Jadi dijaga keseimbangan pikiran, dengan jiwa (raga),” serunya.

Masalah keseimbangan antara jiwa dan raga ini. SBY mengaku sering mendapat teguran dari dokter pribadinya kepada dirinya karena dianggap belum melaksanakan keseimbangan tersebut.

Ia mengatakan dalam 5 tahun ke depan tugas sebagai menteriĀ  akan banyak dinamika, bahkan akan banyak tekanan termasuk berbagai kritik dan kecaman. SBY mengharapkan para menterinya untuk tegar dan kuat menghadapi berbagai hal tadi.

dtc/isw

Lowongan Pekerjaan
PT. Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Apa Kabar Solo Kota Kreatif?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (10/8/2017). Esai ini karya Fajar S. Pramono, alumnus Universitas Sebelas Maret yang meminati tema-tema sosial dan ekonomi. Alamat e-mail penulis adalah fajarsp119@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2013 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif waktu itu Mari…