Kamis, 5 November 2009 11:47 WIB News,Ekonomi Share :

Pertumbuhan ekonomi 2009 menguat di kuartal IV

Jakarta–Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2009 menguat pada kuartal IV hingga mencapai kisaran 4,6-4,7%.

Sri Mulyani menjelaskan pertumbuhan ekonomi tahun ini berbeda dengan pola-pola sebelumnya. Biasanya, pada kuartal I, II, dan III pertumbuhan ekonomi meningkat, barulah pada kuartal IV menurun. Hal ini terjadi untuk pertumbuhan ekonomi yang terjadi dalam situasi normal.

“Pertumbuhan ekonomi yang terjadi dalam situasi normal kuartal I, II, III meningkat, kuartal IV turun. Itu biasanya pertumbuhan ekonomi seperti itu polanya, tapi untuk 2009 ini tampaknya kuartal IV justru lebih tinggi dari kuartal I,II,III,” papar Sri Mulyani di kantornya, Jakarta, Rabu (4/11) malam.

Pemerintah memperkirakan pada kuartal III, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2009 sekitar 4,1-4,2%, baru pada kuartal IV mencapai 4,6-4,7%. Sehingga dengan angka ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2009 mencapai target pada 4,3%, atau sama dengan proyeksi World Bank.

“Sama dengan kita kan proyeksi World Bank. Kita memperkirakan estimasinya kuartal III mungkin masih di sekitar 4,2 dan 4,1%, di kuartal IV baru lebih kuat di kisaran 4,6-4,7% jadi nanti rata-rata seluruh tahun masih 4,3% year on year,” tegasnya.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…