Rabu, 4 November 2009 16:21 WIB Ekonomi Share :

Tarif cukai 2010 naik 5%

Jakarta–Dirjen Bea Cukai Departemen Keuangan Anwar Suprijadi menyatakan kenaikan tarif cukai rokok akan naik lebih dari 5% per Januari 2010. Menurutnya kenaikan tarif cukai tersebut disesuaikan dengan kelas rokok.

Saat ini, ujar Anwar, dari 10 kelas rokok, paling banyak menggunakan kelas pita cukai cigarrate mesin. Namun nanti, ujar Anwar, kelas ini akan disederhanakan. “Tergantung dari kelas dengan segmen tapi kecenderungan ke depan ingin disederhanakan, kelasnya tidak terlalu banyak,” ujar Anwar.

Anwar mengungkapkan masalah kenaikan cukai ini masih ada dibahas oleh pihak Ditjen Bea Cukai dan Bidang Kebijakan Fiskal. Anwar mengharapkan pada 1 Januari 2010, kenaikkannya sudah bisa diterapkan.

“Masih dikaji BKF (Badan Kebijakan Fiskal). Kemungkinan bisa lebih dari 5% tapi masih dalam diskusi. 1 Januari 2010 rencana kenaikannya. Kami harapkan Peraturan Menteri Keuangan keluar pertengahan November dan kemudian kita cetak pita cukai baru dan kita sosialisasikan,” harap Anwar.

Dengan kenaikan cukai tersebut, tambah Anwar, target penerimaan negara melalui cukai dinaikkan menjadi Rp 54 triliun. “Kita kan ditargetkan jadi sekitar Rp 54 triliun untuk penerimaan cukai,” ujar Anwar.

dtc/isw

lowongan kerja
lowongan kerja PT. Tirtakencana tatawarna, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

senin 5 juni

Kolom

GAGASAN
Ramadan di Bumi Pancasila

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (7/6/2017). Esai ini karya M. Zainal Anwar, dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah zainalanwar@gmail.com Solopos.com, SOLO–Di bawah ideologi Pancasila, menjalani puasa Ramadan di Indonesia menyajikan kemewahan luar…