Rabu, 4 November 2009 11:31 WIB Internasional Share :

Popularitas Obama merosot


Washington–
Popularitas Presiden Barack Obama terus merosot, tepat setahun pascapemilihan presiden AS 4 November 2008 lalu. Bahkan kini, secara umum, rating Obama sedikit di bawah rata-rata semua presiden AS sejak Perang Dunia II.

Tak lama setelah pelantikannya pada Januari 2009 lalu, rating popularitas Obama melesat menjadi 70 persen. Pada akhir April lalu, atau di akhir 100 hari pertama pemerintahannya, Obama masih menikmati dukungan yang lebih luas dibandingkan para pendahulunya dalam 20 tahun sebelumnya.

Namun kemudian popularitasnya terus menurun seiring keraguan masyarakat AS akan kemampuan Obama memulihkan perekonomian negara yang terpuruk.

Bahkan pada Juli lalu, popularitas Obama berada di bawah pendahulunya, mantan Presiden George W Bush. Dan sejak pertengahan Oktober lalu, ratingnya hanya berkisar pada angka 50 persen. Sebuah penurunan signifikan dari rating-ratingnya sebelumnya.

Hal itu disampaikan Frank Newport, pemimpin polling Gallup Poll seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (4/11). “Secara umum, ini membuat rating Obama saat ini sedikit di bawah rata-rata semua presiden AS sejak Perang Dunia II,” kata Newport.

Dikatakannya, masalah ekonomi yang terus berlanjut di AS merupakan penyebab turunnya popularitas Obama di kalangan rakyatnya.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…