Selasa, 3 November 2009 20:25 WIB Hukum Share :

Soal perusakan Kantor DMC, Penasihat hukum sependapat dakwaan jaksa


Solo (Espos)–
Tim penasihat hukum tiga terdakwa kasus perusakan kantor Dewan Muda Complex’s (DMC) Soloraya sependapat dengan dakwaan jaksa penuntut umum (JPU).

Hal tersebut diungkapkan penasihat hukum tiga terdakwa, Eko Yudi Santoso SH dalam pledoi atau pembelaan yang dibacakan di persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Solo, Selasa (3/11).

“Berdasarkan fakta yang terungkap di persidangan kami selaku para penasihat hukum para terdakwa sependapat dengan kesimpulan jaksa dalam perkara ini Pasal 170 ayat (1) KUHP,” ujar Eko.

Dalam persidangan sebelumnya, tiga terdakwa yaitu Dian Nugroho, 22; Christian Adi Putra, 19, dan Danar Dana alias Jegrak, 32, dituntut oleh jaksa dengan enam bulan penjara. Dalam pledoi yang dibacakan di persidangan yang dipimpin Sugeng Budiyanto SH, tim penasihat hukum lebih banyak menyoroti soal faktor nonyuridis.

Eko mengatakan, para terdakwa melakukan perusakan kantor DMC sebagai bentuk solidaritas terhadap teman-temannya yang tergabung dalam kelompok Gondhez’s.

“Ini dipicu adanya isu, pemuda yang tergabung dalam kelompok DMC akan melakukan serangan terhadap kelompok Gondhez’s. Pelemparan batu dan bambu dilakukan secara spontan,” papar dia.

Penasihat hukum para terdakwa juga menyoroti mengenai kantor DMC di Jl Popda No 2 Nusukan, Banjarsari yang ada di bahu jalan. Eko mengungkapkan, bangunan itu tidak dilengkapi izin mendirikan bangunan. Dengan kondisi tersebut, pihaknya berharap majelis hakim harus mempertimbangkan faktor-faktor lainnya selain tindak pidana yang dilakukan para terdakwa.

dni

PT. ABRAR TUJUH BERSAUDARA ISLAMI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Pelajaran dari First Travel

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (18/8/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO¬†— Ditangkap dan ditahannya Direktur Utama PT First Anugerah Karya Wisata (First…