News
Selasa, 3 November 2009 - 13:38 WIB

Pertumbuhan ekonomi Tahun 2010 ditarget 4,8 persen

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Jakarta–
Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2010 bisa melebihi proyeksi IMF yang sebesar 4,8%,
Hal ini mengingat APBN 2010 mentargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,5%.

Menurut Hatta, proyeksi IMF tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2010 sebesar 4,8%, hanyalah sebuah ramalan yang bisa benar dan bisa juga salah. Jika pemerintah bekerja keras, maka perkiraan IMF bisa dilewati.

Advertisement

“Ya tidak apa-apa, namanya juga ramalan. Yang penting kita bekerja keras. Dengan bekerja keras dan optimis, kita bisa mencapai apa yg kita proyeksikan,” harap Hatta di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (3/11).

Hatta mengatakan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi Indonesia melebihi proyeksi IMF sebesar 4,8%, pemerintah harus dapat menjaga sektor konsumsi. Sektor konsumsi ini memberikan 60% lebih sumbangan kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu harus dijaga, salah satunya melalui belanja pemerintah sebagai realisasi penyerapan stimulus fiskal.

“Tadi saya sudah ingatkan dengan kawan-kawan, marilah yang memiliki fiskal stimulus ini agar dibelanjakan agar bisa mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujar Hatta.

Advertisement

Selain itu, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5,5% berdasarkan target APBN 2010, Hatta mengharapkan sektor ekspor dan investasi dapat pulih pasca krisis ekonomi global yang terjadi.

Dua sektor ini berpotensi membantu pertumbuhan ekonomi apalagi ditunjang dengan suasana investasi dan makro yang baik.

dtc/isw

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif