Selasa, 3 November 2009 12:03 WIB News Share :

Mathius Salempang & Nanan Soekarna, calon kuat pengganti Susno

Jakarta– Beredar dua nama telah dikantungi Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wakanji) sebagai pengganti Komjen Pol Susno Duadji yang diisukan telah dinonaktifkan sebagai Kabareskrim.

2 Nama itu yakni Kapolda Kaltim Irjen Pol Mathius Salempang dan Kadiv Humas Irjen Pol Nanan Soekarna. Keduanya sama-sama berpeluang untuk menduduki kursi Trunojoyo 3, sebutan untuk Kabareskrim, mengacu pada nama jalan di mana Mabes Polri berada.

Informasi yang beredar, Selasa (3/11), kedua nama itu masih ditimbang dan dibahas Wanjakti. Meski belum dibahas secara signifikan tapi hampir dipastikan hanya 2 nama itu yang berpeluang. Meski ada nama lain yang bisa menyodok yakni Kapolda Jateng Irjen Pol Alex Bambang Riatmodjo.

“Wanjakti tinggal memilih di antara 2 jenderal itu,” terang perwira di kepolisian yang enggan disebutkan namanya seperti dikutip detik.com.

Tentunya tarik ulur pasti terjadi. Rekam jejak Mathius dan Nanan tentunya juga jadi pertimbangan, mengingat nama baik Bareskrim Polri harus diangkat setelah babak belur karena menangani kasus Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah.

“Karena itu pengumuman dan pelantikan Kabareskrim setelah kasus itu (Bibit dan Chandra) P21 atau berkasnya sudah dilimpahkan ke kejaksaan. Biar Kabareskrim baru tidak memegang kasus itu,” terang sumber itu.

Irwasum Mabes Polri Komjen Pol Yusuf Manggabarani saat dikonfirmasi membantah bila Wanjakti telah bersidang.

Demikian pula saat ditanyakan mengenai Mathius dan Nanan yang disebut sebagai calon kuat pengganti Susno. “Ah ngarang ngarang kamu,” elak Yusuf saat ditanya wartawan.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…