News
Selasa, 3 November 2009 - 13:50 WIB

786 ruang SD di Palembang rusak

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Palembang–
Sebanyak 786 ruang sekolah dasar (SD) dan sejumlah Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kota Palembang dalam kondisi rusak.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Palembang Hatta Wazol, Selasa (3/11) mengatakan pihaknya telah mengusulkan  dana perbaikan kerusakan ruang kelas tersebut kepada pemerintah pusat untuk dianggarkan dalam dana alokasi khusus (DAK).

Advertisement

Menurut dia, perbaikan kerusakan ruang tersebut diperkirakan membutuhkan dana Rp 79 miliar, namun pemerintah pusat hanya mengalokasikan DAK sebesar Rp 12 miliar. DAK tersebut akan dimanfaatkan secara optimal untuk memperbaiki ruang kelas SD yang rusak itu.

“Sebagian besar ruang kelas mengalami kerusakan berat sehingga membutuhkan dana perbaikan sekitar Rp 115 juta per kelas,” ujarnya.

Ia mengatakan kondisi sekolah yang mengalami kerusakan merupakan bangunan tua di mana dibangun sejak 30 tahun lalu dan sama sekali belum pernah diperbaiki. Perbaikan ruang kelas tersebut tidak hanya dilakukan dengan membangun gedung tetapi juga menyediakan fasilitas lain seperti kursi dan meja serta berbagai kelengkapan kelas.

Advertisement

Ia berharap DAK 2010 sebesar Rp12 miliar lebih tersebut mampu mendanai perbaikan sekitar 100 ruang secara bertahap hingga tidak ada lagi ruang sekolah yang rusak di Kota Palembang. “Pada 2009 ini DAK untuk sektor pendidikan Kota Palembang hanya Rp 7,9 miliar,” jelasnya.

Penambahan DAK menjadi Rp 12 miliar lebih belum mampu menanggulangi kerusakan ruang sekolah secara menyeluruh tetapi paling tidak perbaikan bisa dilaksanakan secara bertahap.

ant/isw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Rusak SD Palembang
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif