Senin, 2 November 2009 17:18 WIB News Share :

Sepertiga penduduk Indonesia terserang kaki gajah

Bandung– Sebanyak 980.000 orang atau satu per tiga warga di Indonesia dinyatakan telah terinfeksi filariasis atau kaki gajah, penyakit infeksi menahun yang disebabkan oleh cacing filaria dan disebarkan oleh nyamuk.

Demikian dikakatakan Asisten Kesra Pemerintah Provinsi Jawa Barat, H Peri Soeparman, pada acara dalam pencanangan “Pengobatan Massal Filariasis Nasional Untuk 32 Juta Penduduk Indonesia Tahun 2009”, di Lantai 4 Gedung Ilmu Penyakit Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Senin (2/11).

“Berdasarkan data Dinkes Jabar, ternyata penyakit Filaritas atau kaki gajah ini telah menginfeksi tak kurang sepertiga dari penduduk Indonesia 980 ribu penderita tersebar di seluruh kabupatren dan kota seluruh Indonesia,” kata Peri.

Ironisnya, kata Peri, 60 persen penderita penyakit kaki gajah dialami oleh perempuan. Oleh karena itu, untuk menekan angka penderita filaria di Indonesia, Departemen Kesehatan mencanangkan program “Pengobatan Massal Filariasis Nasional Untuk 32 Juta Penduduk Indonesia Tahun 2009”.

Di Provinsi Jawa Barat sendiri, penyakit kaki gajah (filariasis) menyebar secara cepat selama kurun waktu sembilan tahun di seluruh wilayah Jawa Barat. Hingga saat ini, tiga belas kabupaten/kota sudah dinyatakan berstatus endemi. Sejauh ini, satu-satunya cara yang ditempuh pemerintah untuk mengeliminasi penyakit itu adalah melalui pengobatan massal.

Berdasarkan data Dinkes Provinsi Jawa Barat, ada beberapa daerah di jabar yang dinyatakan endemis yakni Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Bandung.

ant/isw

lowongan kerja
lowongan kerja SD IST AL ALBANI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Bung Karno, Lenso, Cha Cha Cakrabirawa

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (2/6/2017). Esai ini karya Albertus Rusputranto P.A., pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah titusclurut@yahoo.co.uk Solopos.com, SOLO — Cakrabirawa adalah nama kesatuan pasukan penjaga Istana…