Senin, 2 November 2009 15:48 WIB News Share :

Padang gencarkan kegiatan pemulihan trauma pascagempa


Padang–
Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumbar, terus menggencarkan kegiatan rekonstruksi jiwa atau pemulihan trauma pascagempa.

“Kini terhitung sudah sebulan lebih Padang ditimpa musibah, saatnya dilakukan kegiatan rekonstruksi mulai dari bangunan, rumah penduduk kegiatan perkantoran dan pemulihan trauma pada warga dan khususnya  anak-anak,” kata  Walikota Padang, Fauzi Bahar, Senin (2/11).

Fauzi di sela acara tauziah dari Ustad Jefri Al Bukhori di Padang, mengatakan, pemulihan pascagempa perlu dilakukan secepatnya agar Padang bisa bangkit kembali kendati rumah warga banyak yang runtuh, hingga orang tua banyak yang sedih atas meninggalnya anaknya, anggota keluarganya yang lain.

Kesedihan itu tidak perlu berlarut-larut, katanya, sebab musibah adalah ujian dari Allah agar hambaNya tabah dalam menghadapinya. Tidak  luput juga bagi masyarakat yang tidak tertimpa musibah menjadi cermin untuk meningkatkan ibadah.

Pada kesempatan itu, bantuan diterima Pemkot Padang sebesar Rp 1,64 miliar berasal dari seluruh pelajar tingkat SD, SLTP dan SLTA di Surabaya. Bantuan sebesar itu juga berasal dari para guru dan pegawai dilingkungan dinas pendidikan Kota Surabaya. Bantuan dari pelajar Surabaya akan digunakan untuk membangun sekolah.

Sedangkan dari masyarakat Minang di Surabaya juga membantu Rp500 juta dan akan digunakan untuk membangun masjid yang rusak. Sebelumnya Pemerintah Kota Surabaya juga memberikan Rp500 juta bantuan kemanusiaan yang diserahkan pada Posko Bencana Gempa Kota Padang beberapa hari setelah gempa.

Terkait trauma pasca gempa, Fauzi menilai masyarakat cepat pulih dan bangkit kembali ditandai dengan sekitar 80 persen aktivitas perekonomian warga di kota itu sudah pulih.

ant/isw

lowongan pekrajaan
Yayasan Internusa Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…