Senin, 2 November 2009 13:29 WIB Internasional Share :

Kapal pengangkut 40 penumpang tenggelam di dekat Kepulauan Cocos

Sydney– Sebuah kapal yang membawa 40 penumpang tenggelam di lepas pantai daerah terpencil di Samudra Hindia, Kepulauan Cocos, Minggu (1/11) malam.

Berdasarkan laporan yang ada, baru sebanyak 15 orang yang berhasil diselamatkan. Pemerintah Australia langsung melancarkan operasi pertolongan setelah menerima tanda bahaya pada Minggu malam dari satu kapal jarak 330 mil laut di sebelah barat-laut Kepulauan Cocos, satu wilayah Australia.

“Pusat Koordinasi Pertolongan melaporkan kapal itu telah tenggelam dan sebanyak 40 orang mungkin telah berada di air,” kata juru bicara Departemen Urusan Dalam Negeri Brendan O’Connor, Senin (2/11).

Sedikitnya 15 orang telah diselamatkan oleh satu kapal pedagang di daerah tersebut, yang melaporkan bahwa kapal nahas itu sudah tenggelam saat kapal pedagang tersebut tiba di lokasi.

Tidak jelas kemana kapal yang tenggelam itu berlayar atau apakah kapal tersebut membawa pencari suaka atau tidak. Lebih dari 1.600 orang perahu telah tiba di lepas pantai barat-laut Australia tahun ini, terutama orang yang menyelamatkan diri dari kerusuhan di Afghanistan dan Sri Lanka.

Kedatangan para pencari suaka ini membuat masalah politik panas di Australia dan mengakibatkan sakit kepala bagi Perdana Menteri Kevin Rudd setahun menjelang pemilihan umum yang dijadwalkan berlangsung pada 2010.

ant/isw

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI & KEUANGAN BISNIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…