Minggu, 1 November 2009 17:04 WIB Internasional Share :

Pesawat kargo Rusia jatuh, 11 orang tewas

Moskow–Sebuah pesawat kargo jatuh segera setelah lepas landas dari kota Mirny, Rusia timur di wilayah Yakutia, menewaskan 11 orang di pesawat itu, kata pihak kejaksaan Rusia, Minggu.

Pesawat IL-76 milik kementerian dalam negeri, jatuh sekitar satu kilometer dari Mirny tidak lama setelah tinggal landas menuju Irkutsk, kata komisi penyelidikan kantor Kejaksaan Agung dalam sebuah pernyataan.

Rusia adalah salah satu dari negara-negara yang memiliki catatan keselamatan penerbangan terburuk dunia, dengan pesawat era Sovyet yang usang, fasilitas bandara-bandara yang ketinggalan zaman, pemeliharaan pesawat yang buruk dan standar yang longgar yang membuat bertambah tingginya jumlah kecelakaan.

Tahun lalu semua 88 penumpang dan awak sebuah pesawat Boeing milik Aeroflot tewas ketika pesawat itu jatuh akibat terbakar dekat pegunungan Ural. Pada tahun 2006, 170 orang tewas ketika pesawat TU-154 jatuh di Ukraina dalam perjalanan menuju St Petersburg.

Seorang pejabat pers kementerian dalam negeri mengemukakan kepada jaringan televisi Rusia Vesti pesawat itu oleng ke kanan segera setelah tinggal landas.

“Pesawat itu terbang tidak sampai dua kilometer dengan ketinggian  20-30 meter sebelum jatuh dekat sebuah tambang tua,” katanya.
Ant/tya

lowongan pekerjaan
PT SAKA JAYA ENGGAL CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…