Minggu, 1 November 2009 19:58 WIB Internasional Share :

Israel desak Palestina memulai kembali perundingan perdamaian

Yerusalem–Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu Minggu menyerukan Palestina memulai kembali perundingan perdamaian setelah Washington mendukung sikapnya mengenai masalah-masalah permukiman yang mengganjal upaya itu.

“Saya sangat mengharapkan Palestina akan dapat memahami dan memulai proses perdamaian,” kata Netanyahu pada awal sidang kabinet mingguan. “Proses perdamaian adalah keinginan Israel begitu juga bagi banyak warga Palestina.”

PM itu mengemukakan hal tersebut sehari setelah Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton memuji sikapnya “yang belum terjadi sebelumnya” mengenai permukiman-permukiman itu dan mendukung seruannya bahwa perundingan-perundingan harus dimulai kendatipun Palestina bersikeras bahwa Israel harus terlebih dulu membekukan semua kegiatan pembangunan permukiman di wilayah Tepi Barat yang diduduki negara Yahudi itu.

Bermodalkan dukungan AS itu, Netanyahu mengecam Palestina karena “menetapkan prasyarat-prasyarat.”

“Kami telah menunjukkan kesediaan untuk melakukan hal-hal yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memulai kembali proses perdamaian,” katanya. “Tetapi kami menghadapi penentangan dari Palestina. Kami akan¬† mendapat prasyarat-prasyarat dari Palestina yang telah ditetapkan dalam 16 tahun proses perdamaian.”

Palestina beralasan bahwa penghentian pembangunan permukiman bukan satu prasyarat yang mereka tetapkan, tetapi satu kewajiban yang harus ditaati Israel ketika negara itu menandatangani peta jalan internasional bagi perdamaian Timur Tengah.

Masyarakat internasional menganggap permukiman-permukiman Israel di wilayah Palestina itu sebagai ilegal.

 

Ant/tya

lowongan kerja
lowongan kerja, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Bung Karno, Lenso, Cha Cha Cakrabirawa

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (2/6/2017). Esai ini karya Albertus Rusputranto P.A., pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah titusclurut@yahoo.co.uk Solopos.com, SOLO — Cakrabirawa adalah nama kesatuan pasukan penjaga Istana…