News
Minggu, 1 November 2009 - 14:07 WIB

Empat kecamatan di Pekalongan rawan longsor

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pekalongan–Sedikitnya empat kecamatan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah rawan bencana tanah longsor sehingga warga diimbau waspada saat terjadi turun hujan.

Kasi Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Pekalongan Agus Arifin di Pekalongan, Minggu, mengatakan, keempat kecamatan tersebut, yaitu Lebakbarang, Paninggaran, Kandangserang, dan Petungkriono.

Advertisement

“Empat kecamatan tersebut secara geografis berada di kawasan perbukitan dan perbatasan lereng pegunungan Dieng. Daerah di lereng perbukitan tersebut memang rawan bencana tanah longsor saat musim penghujan nanti sehingga kami imbau warga harus tetap waspada,” katanya.

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi adanya bencana tanah longsor, Kantor Kesbangpolinmas akan menyiagakan tim SAR dan mengadakan pelatihan tanggap bencana dengan warga setempat.

Selain itu, katanya, Kantor Kesbangpolinmas juga akan mengintensifkan koordinasi dengan instansi terkait lainnya agar ketika terjadinya bencana, situasi daerah bisa secepatnya dikendalikan dan teratasi.

Advertisement

“Saat ini, kami mulai berkoordinasi dengan Palang Merah Indoensia (PMI) untuk penyelamatan korban. Untuk bantuan keamanan dan pangan, kami akan berkoordinasi dengan Polres dan dinas sosial setempat,” katanya.

Ia mengatakan, dengan akan memasuki musim penghujan, warga diharapkan dapat memberikan informasi secepatnya jika di daerahnya terjadi bencana longsor dan banjir.

“Kami minta masayarakat bisa aktif memberikan informasi jika terjadi sesuatu yang diperkirakan membahayakan, seperti bencana alam ini,” katanya.  
Ant/tya

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Longsor Rawan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif