Soloraya
Sabtu, 31 Oktober 2009 - 19:52 WIB

Makan permen, belasan murid SD keracunan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Belasan murid SDN 2 Ngargoyoso, Karanganyar, Sabtu (31/10), keracunan permen cokelat. Lima korban di antaranya kini dalam perawatan intensif di Puskesmas Ngargoyoso.

Peristiwa itu baru diketahui saat mereka sedang mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas mereka. Di tengah pelajaran, tiba-tiba mereka diserang rasa mual, mulas dan pusing.

Advertisement

Melihat keadaan tersebut pihak sekolah langsung memeriksakan para murid ke Puskesmas Ngargoyoso.
Menurut pengakuan beberapa siswa, mereka memakan permen produk baru yang dijual di halaman sekolahnya.

Sebelum masuk kelas, para siswa tersebut membeli permen rasa cokelat susu dalam kemasan kardus bergambar sapi yang dijajakan oleh pedagang keliling.

Wiwik Setyaningsih, 12, salah satu korban keracunan, mengaku sebelum mengkonsumsi permen kondisinya sehat-sehat saja. Hal itu juga dibenarkan oleh ibu korban, Sularni, 39, saat ditemui di Puskesmas tersebut.

Advertisement

“Anak saya sebelumnya sehat-sehat saja. Saat berangkat sekolah, dia terlihat bugar dan ceria,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Ngargoyoso, dr Retno Sawartuti, menyebutkan korban keracunan permen yang dirawat di Puskesmas berjumlah lima orang. Mereka adalah Wiwik Setyaningsih, 12; Pujiningsih, 12; Tri Winarsih, 12; Wahyu Martiyati, 12; dan Arnasti Surati Tegal, 12.

“Setelah kelima anak tersebut diberikan pertolongan pertama penanganan keracunan dengan memberikan infus, obat penawar racun dan oksigen, kami langsung turun ke SDN 2 Ngargoyoso,” kata dr Retno.

Advertisement

Hasil monitoring di lapangan yang dilakukan pihak Puskesmas, pihaknya menemukan sampel permen yang diduga sebagai penyebab keracunan beberapa siswa SDN 2 Ngargoyoso.

Staf medis Pukesmas Ngargoyoso juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 11 murid yang memakan permen tersebut. Untuk sementara mereka tidak mengalami gangguan kesehatan akibat mengkonsumsi permen itu, namun pihak Puskesmas masih memantau perkembangannya. Sebab, mereka sempat mengeluh pusing setelah mengkonsumsi permen itu.

“Kami telah mengirimkan sampel permen ke Laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar untuk mengetahui apakah permen tersebut mengandung racun atau tidak. Selain itu kami juga melakukan pemeriksaaan terhadap siswa yang memakan permen,” ungkapnya.
Terpisah, Kapolsek Ngargoyoso AKP Rianto membenarkan peristiwa keracunan yang menimpa lima siswa SDN 2 Ngargoyoso.

“Pihak kami sedang menunggu hasil tes laboratorium. Bila benar permen tersebut mengandung racun dan membahayakan bagi anak-anak, kami akan mengambil tindakan yang sesuai presedur,” tegasnya, mewakili Kapolres Karanganyar AKBP Sri Handayani.

dsp

Advertisement
Kata Kunci : Keracunan Permen SD
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif