News
Jumat, 30 Oktober 2009 - 16:56 WIB

Orang miskin bertambah gara-gara bencana

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Jumlah orang miskin di Indonesia berpotensi bertambah karena bencana alam yang terus terjadi dalam bebrapa waktu belakangan ini. Saat ini pemerintah sedang mendata jumlah orang miskin terbaru termasuk di wilayah-wilayah pascabencana.

Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat Departemen Kesehatan Budihardja mengatakan faktor bencana alam dan lainnya salah satu menjadi faktor bertambahnya orang miskin di Tanah Air.

Advertisement

“Orang miskin saat ini terjadi salah satunya karena bencana,” katanya saat  ditemui di sela-sela National Summit di Hotel Ritz Carlton, Kawasan SCBD, Jakarta, Jumat (30/10).

Ia mengatakan jumlah orang miskin tersebut akan mempengaruhi alokasi dana pengentasan kemiskinan khususnya untuk tahun 2010 nanti. Sekarang ini pemerintah sedang melakukan pendataan kembali, mengingat selama beberapa bulan terakhir banyak bencana gempa bumi terjadi di Tanah Air.

“Sekarang datanya sedang diolah oleh daerah,” katanya.

Advertisement

Di tempat yang sama Menko Kesra Agung Laksono mengatakan untuk tahun depan setidaknya pemerintah menyiapkan anggaran kurang lebih Rp 80 triliun dalam rangka program penanggulangan kemiskinan. Dalam waktu lima tahun pemerintah menargetkan penurunan angka kemiskinan dari 14,1% menjadi sekitar 8-10%.

Beberapa program penanggulangan kemiskinan pada tahun depan diantaranya program kredit usaha rakyat (KUR) Rp 100 triliun dalam 5 tahun, kemudian program keluarga harapan (PKH) sekitar Rp 10-15 triliun, dan PNPM  Rp 16 triliun per tahun.

“Tahun depan kurang lebih Rp 80 triliun,” katanya.

Advertisement

dtc/tya

Advertisement
Kata Kunci : Bencana Miskin
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif