News
Kamis, 29 Oktober 2009 - 11:01 WIB

SBY: Butuh Rp 2.100 triliun untuk pertumbuhan ekonomi 7%

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 7% hingga 2014. Untuk mencapai target tersebut Indonesia membutuhkan investasi setidaknya Rp 2.100 triliun per tahun.

“Untuk mencapai target tersebut kita buituh investasi yang besar tidak cukup hanya dari belanja negara di APBN saja. Kalau Rp 2.100 triliun investasi per tahun selama 5 tahun, maka ini akan tercapai,” ujarnya dalam pembukaan acara National Summit di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (29/10).

Advertisement

Menurut SBY, dana investasi sebesar itu membutuhkan dukungan dari pihak swasta baik dalam negeri maupun asing. Mengingat keterbatasan anggaran pemerintah dalam APBN, yang paling besar totalnya hanya Rp 1.000 triliun.

Besaran belanja negara dalam APBN biasanya hanya 15% saja dari total keseluruhan dana di APBN, dia mencontohkan jika total APBN Rp 1.000 triliun maka belanja negara hanya Rp 100 triliun dan itu belum cukup.

Menurutnya ada beberapa hal yang bisa mendukung tingginya investasi di Indonesia antara lain kebijakan ekonomi yang baik, kemananan dalam berinvestasi, infrastruktur yang memadai, stabilitas politik, dan kepastian hukum.

Advertisement

Selain dalam 5 tahun ke depan, SBY juga menargetkan pengangguran berada di tingkat 5-6% dan kemiskinan 8-10% di 2014.

dtc/fid

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif