Kamis, 29 Oktober 2009 19:16 WIB Karanganyar Share :

Peringati HUT Karanganyar, kewajiban beskap selama sepekan masih berpolemik

Karanganyar (Espos)–Untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-92 Kabupaten Karanganyar tahun 2009, seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab hingga perangkat desa diwajibkan mengenakan pakaian adat Jawa selama sepekan penuh, 12-18 November mendatang.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Sekretariat Daerah Pemkab Karanganyar Nomor : 003.3/01/Pan.Hari Jadi/X/2009 perihal Pedoman Peringatan Hari Jadi ke-92 Kabupaten Karanganyar tahun 2009, yang telah diedarkan ke seluruh satuan kerja hingga ke desa-desa sejak sepekan lalu.

Bupati Karanganyar Rina Irinai saat ditemui wartawan baru-baru ini, menyatakan penggunaan pakaian adat Jawa itu untuk memasyarakatkan dan melestarikan budaya Jawa.

“Kewajiban penggunaan pakaian Jawa itu berlaku untuk semua PNS, guru, BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa, anggota DPRD dan masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Diakuinya, kebijakan pemakaian beskap landung bagi pria dan kebaya untuk wanita, dijalankan selama sepekan.

“Ini harus dilihat sebagai kearifan lokal dengan budaya Jawa yang adiluhung. Lebih susah mana mengeluarkan sejumlah uang untuk menyewa beskap, dari pada kehilangan budaya kita sendiri karena dicuri negara lain. Ini semata-mata untuk menumbuhkan kecintaan, sekaligus nguri-uri budaya Jawa,” tandasnya.

Di tataran masyarakat bawah sendiri, kebijakan penggunaan pakaian adat Jawa selama sepekan peringatan Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ini telah menjadi polemik. Banyak PNS yang mengaku keberatan jika harus mengeluarkan uang untuk menyewa beskap selama sepekan penuh.

dsp/haw

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…