Rabu, 28 Oktober 2009 12:58 WIB Ah Tenane Share :

Dikira sales

2810ahtenaneDi samping sebagai sesepuh di sebuah desa di Sukoharjo, Mbah Jon Koplo juga seorang mubalig kondang. Tak heran, setiap mendekati Idul Fitri banyak tamu yang membawa parcel. Namun baru pada Lebaran kemarin ada cerita yang menggelikan.
Suatu sore, ketika Mbah Koplo tengah leyeh-leyeh di teras rumah, datanglah seorang perempuan berdandan necis membawa sebuah bingkisan. Mbah Koplo yang mulai suda rungon dan penglihatannya sudah agak blawur itu tampak cuek dan tak begitu menghiraukan kedatangan tamunya, padahal ia adalah Bu Lady Cempluk, lurah desa setempat.
Bu Cempluk tampak sedikit kesal karena sudah bengak-bengok uluk salam tapi tak ada reaksi dari Mbah Koplo. Saking jengkelnya, ia mengucapkan salam dengan memukul-mukul pintu pagar agar Mbah Koplo mendengarnya. Usaha itu memang berhasil. Mbah Koplo menoleh ke arahnya. Namun ekspresi Mbah Koplo datar-datar saja. Bahkan memalingkan muka sambil bertanya, ”Sing kok gawa kuwi apa?”
”Menika roti Pak,” jawab Bu Cempluk sajak bingung.
”Liyane wae. Minyak wangiku isih okeh,” jawab Mbah Koplo enteng.
Bu Cempluk garuk-garuk kepala. ”Oalah, bola-bali nek wis pikun,” batinnya.
Untung saja pada saat itu Mbah Nicole, istri Mbah Koplo datang. Melihat ada Bu Lurah datang membawa parcel dicuekin suaminya ia pun muring-muring.
”Pak, njenengan ki piye ta, Bu Lurah rawuh ngasta oleh-oleh kok malah disepelekke?”
”Oooh, Bu Lurah ta? Lha aku ora ngerti kok. Tak kira sales minyak wangi,” jawab Koplo dengan wajah tanpa dosa.
Mendengar jawaban itu, Bu Cempluk pun mak plenggong. ”Ealaaah, dandan ayune kaya ngene kok dikira sales!” batin Bu Cempluk nggondhuk. o Kiriman Isna Nurlaili Muthmainah, Gatak RT 02/RW V, Madegondo, Grogol, Sukoharjo.

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI & KEUANGAN BISNIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Jokowi Raja Batak

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (13/01/2018). Esai ini karya Advent Tarigan Tambun, inisiator Sinabung Karo Jazz 2017. Alamat e-mail penulis adalah atambun@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Saya bukan ahli budaya Batak. Dengan jujur saya harus mengatakan bahwa pengetahuan saya tentang budaya…