News
Selasa, 27 Oktober 2009 - 11:26 WIB

Ratusan rumah di Maos terendam banjir

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Cilacap–Seratusan rumah di Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak Senin (26/10) malam hingga Selasa (27/10) dinihari.

Banjir tersebut menggenangi sekitar 100 rumah di Dusun Krikil dan puluhan rumah di Dusun Kampung Baru, Desa Karangreja, Kecamatan Maos, serta empat rumah di Dusun Kalipomahan RT 01 RW 01, Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala.

Advertisement

Ketua RW 03 Desa Karangreja, Giri Santosa mengatakan, banjir yang terjadi di Dusun Krikil menggenangi sekitar 100 rumah di lingkungan RT 02-03 RW 03 dan RT 01-02 RW 04.

Menurut dia, ketinggian air di dalam rumah pada Selasa dinihari berkisar antara 80-100 sentimeter sedangkan di pekarangan rumah mencapai 150 cm.

“Namun pagi ini kondisi air sudah mulai surut dengan ketinggian di pekarangan rumah sekitar 40 cm,” katanya.

Advertisement

Menurut dia, pihaknya telah melaporkan bencana banjir ini kepada Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat Desa Karangreja.

Seorang warga RT 03 RW 03 yang rumahnya tergenang air, Slamet mengatakan, banjir tersebut telah diduga sebelumnya karena selalu terjadi jika hujan deras mengguyur wilayah ini.

“Saat hujan deras mulai turun tadi malam, kami telah mengamankan beberapa perabot dan barang-barang berharga lainnya agar tidak terendam air jika terjadi banjir,” katanya.

Advertisement

Sementara itu sebagian siswa SD Negeri 4 Kalikudi dipulangkan lebih awal karena sebagian besar ruangan kelas dan kantor sempat terendam banjir.

“Kami terpaksa pulangkan sebagian besar siswa karena dari tujuh ruangan, enam di antaranya kondisinya kotor akibat terendam banjir dinihari tadi,” kata Edi, guru SDN 4 Kalikudi.

Selain menggenangi seratusan rumah, banjir juga merendam puluhan hektare sawah di Kecamatan Maos yang baru ditanami.

ant/fid

Advertisement
Kata Kunci : Banjir Maos Ratusan Rumah
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif