News
Selasa, 27 Oktober 2009 - 14:32 WIB

Pembentukan badan usaha akan dipermudah dan dipercepat

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Persyaratan yang sulit dan waktu yang lama menjadi kendala tersendiri dalam pembentukan badan usaha untuk memulai usaha di Indonesia, dan ini menjadi penghambat pertumbuhan kewirausahaan di sektor formal.

Karena itu pemerintah melalui Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia akan merealisasikan layanan pendaftaran usaha secara online, sehingga lebih cepat.

Advertisement

Demikian disampaikan oleh Direktur Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Aidir Amir Daud

“Pemerintah sudah menggunakan internet sebagai e-government . Untuk mempercepat pelayanan publik tapi tetap akuntabel,” papar Aidir.

Aidir menambahkan dengan fasilitas elektronik yang disebut sistem administrasi badan hukum ini, pemerintah akan melakukan beberapa program seperti pembuatan iklan dan brosur elektronik. Selain itu, pembuatan situs yang menyediakan dokumen standar untuk pedaftaran badan hukum perusahaan oleh masyarakat.

Advertisement

“Dalam situs ini, kami menyediakan dokumen standar untuk badan hukum. Dulu pelayanan masih menggunakan notaris, sekarang bisa diakses melalui online,” ujar Aidir.

Aidir menyatakan, dengan layanan online ini, pemerintah akan mendaftar nama-nama persusahaan yang sudah berbadan hukum. Selain itu, pemerintah akan memberlakukan sistem pembayaran elektronik melalui bank pemerintah untuk mempermudah pembayaran pembayaran dalam proses administrasi pembuatan badan hukum.

Dalam proses realisasi reformasi birokrasi untuk sistem pendaftaran usaha badan hukum, pemerintah mendapat bantuan dari Investment Climate Advisory Services salah satu program yang dibiayai dari Kelompok Bank Dunia (IFC, MIGA, dan Bank Dunia) serta lebih dari 15 mitra donor yang bekerja sama melalui organisasi multidonor FIAS.

Advertisement

Program ini untuk membantu pemerintah negara-negara di Asia Timur dan Pasifik untuk mengimplementasikan reformasi guna meningkatkan kualitas iklim usaha, serta mendorong dan menarik investasi yang dapat mendorong terciptanya pasar yang kompetitif, pertumbuhan ekonomi, dan peluang kerja.
dtc/tya

Advertisement
Kata Kunci : Ekonomi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif