Minggu, 25 Oktober 2009 13:41 WIB News Share :

DPR minta Menkes serius awasi kesehatan Calhaj

Jakarta–Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih diminta serius memerhatikan kesiapan pelayanan kesehatan jemaah haji, baik selama di embarkasi maupun di Arab Saudi.

Permintaan tersebut dikemukakan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Irgan Chairul Mahfiz di Jakarta, Minggu (25/10).

Menurutnya, kesiapan itu antara lain meliputi ketersediaan obat, antisipasi virus H1N1, Flu Burung, perubahan iklim, serta kesiapan para dokter.

“Hal ini mengingat kondisi jemaah haji bisa terganggu mengingat hadirnya jutaan orang pada kurun waktu dan lokasi yang sama serta prosesi ibadah haji yang cukup melelahkan,” katanya.

Selain itu, lanjut Sekjen DPP PPP itu, banyaknya jemaah yang berusia lanjut memerlukan kesiapan pelayanan kesehatan yang maksimal dari Depkes, termasuk kerja sama dengan rumah sakit di Arab Saudi.

Pihak Depkes sendiri sejak 13 Oktober lalu telah mengirim tim pendahulu kesehatan haji yang berjumlah lima orang menuju Arab Saudi yang dipimpin Koordinator Penyelenggara Kesehatan Haji Indonesia tahun 2009 Barita Sitompul.

Di Arab Saudi, tim tersebut melakukan koordinasi dengan berbagai sektor, termasuk berkomunikasi dengan rumah sakit yang ada di Jeddah, Makkah, dan Madinah.

“Hal ini dilakukan agar saat pelaksanaan haji tahun 2009, kerja sama pelayanan kesehatan haji dapat berjalan lancar,” kata Barita.

Jumlah jamaah haji Indonesia tahun ini 192.835 orang dan akan diterbangkan dalam 478 kloter.

Untuk mendukung pelayanan kesehatan haji ditugaskan 1.740 orang tenaga kesehatan, terdiri dari 1.434 orang (kloter) dan 306  (non-kloter). Setiap kloter terdiri dari satu dokter dan dua perawat.

Tenaga kesehatan tersebut merupakan satu tim kesehatan haji yang akan mendampingi jamaah haji dalam kloter yang bersangkutan dari tanah air, di Arab Saudi, sampai ke tanah air kembali.

ant/fid

lowongan pekerjaan
STAFF SURVEY,MARKETING,SPG,SPB, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…