Minggu, 25 Oktober 2009 19:14 WIB Solo Share :

120 Linmas Jebres berlatih simulasi banjir

Solo (Espos)–Sebanyak 120 anggota perlindungan masyarakat (Linmas) se-Kecamatan Jebres mengikuti pelatihan simulasi penanganan banjir di bantaran Sungai Bengawan Solo wilayah Jurug, Minggu (25/10). Mereka diharapkan memiliki kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan bencana di Solo.

Pantauan Espos, pelatihan sekaligus simulasi penanganan bencana kemarin dimulai sejak pagi, diawali dengan pelatihan bongkar pasang tenda darurat untuk pengungsi, tenda pos kesehatan dan lain-lain. Setelah itu, pelatihan dilanjutkan dengan penanganan korban banjir yang meliputi evakuasi air dan evakuasi darat.

Meski hanya simulasi para peserta yang merupakan perwakilan anggota Linmas dari 11 kelurahan di Jebres itu melakukannya dengan sungguh-sungguh. Mereka rupanya menyadari betul pentingnya pelatihan itu untuk melengkapi keahlian dan keterampilan mereka sebagai anggota Linmas.

“Jelas pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami. Dari yang sebelumnya kami tidak tahu caranya mendirikan tenda dan mengevakuasi korban bencana, sekarang kami jadi tahu. Sehingga kami jadi lebih siap jika sewaktu-waktu tenaga kami dibutuhkan untuk membantu menangani bencana,” ungkap salah satu anggota Linmas asal Kepatihan Wetan, Ruspardi, saat ditemui Espos seusai acara.

Pada bagian lain, Camat Jebres, Basuki Anggoro Hexa menjelaskan pelatihan dan simulasi penanganan bencana bagi anggota Linmas tersebut merupakan program yang dibiayai oleh APBD Kota Solo melalui dana pembangunan kecamatan setempat. Tujuannya memberikan penghargaan kepada anggota Linmas non Linmas Khusus (Linsus) agar mereka memiliki keahlian dan keterampilan yang kurang lebih sama dengan para anggota Linsus. Hexa, sapaan akrabnya, mengungkapkan, sebenarnya di Kecamatan Jebres ada 500-an anggota Linmas.

shs

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…