Sabtu, 24 Oktober 2009 13:14 WIB Sport Share :

Solo nominasi tempat pembukaan SEA Games 2011

Semarang–Stadion Manahan Surakarta (Solo) masuk nominasi tempat pembukaan SEA Games XXVI 2011 saat Indonesia menjadi tuan rumah pesta olah raga antarnegara Asia Tenggara itu.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Umum II (bidang pembinaan dan prestasi) KONI Jawa Tengah Sukahar seusai membuka pertandingan uji coba tim pencak silat SEA Games 2009 dengan tim Jawa Tengah di Semarang, Sabtu (24/10).

“Solo termasuk salah satu tempat untuk pembukaan SEA Games 2011 bersama dengan Palembang, Sumatera Selatan. Soal penetapannya menunggu rapat kerja nasional (Rakernas) KONI Pusat, Febuari 2010,” katanya.

Sukahar yang juga Ketua Umum Pengprov Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Jawa Tengah itu mengatakan, ini merupakan kehormatan tersendiri bagi Jawa Tengah dan Kota Surakarta sehingga perlu mendapat dukungan dari segenap masyarakat Jateng.

Surakarta direncanakan menjadi tempat pembukaan SEA Games 2011, kata dia, karena memiliki sejarah tersendiri antara lain menjadi tempat berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional (PON) yang pertama kali yahun 1948.

Di samping itu, kata dia, merupakan kebanggaan bagi Jawa Tengah karena ditunjuk menjadi acara pembukaan pesta olahraga bertaraf internasional.

Ketika ditanya apa yang perlu dibenahi apabila Surakarta menjadi tempat pembukaan SEA Games 2011, dia mengatakan, mengingat event ini tingkatnya sudah internasional maka nantinya akan dilakukan verifikasi atau studi kelayakan oleh tim dari KONI Pusat.

Menurut dia, begitu ditetapkan maka tim dari KONI Pusat akan melakukan verifikasi terhadap tempat.

“Kita tidak bisa menentukan ini yang harus ditambah, ini yang harus diperbaiki sebelum ada tim verifikasi dari induk organisasi olahraga di Tanah Air,” katanya.

Pada saat Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games 2011, Jawa Tengah mendapat bagian untuk menggelar enam cabang olahraga yaitu sepak takraw, tinju, panahan, sepatu roda, menembak, dan biliar.

Untuk persiapan menuju ke SEA Games XXV yang berlangsung di Laos, Desember 2009, Jawa Tengah juga dipercaya untuk menggelar pelatnas cabang olahraga biliar dan sepak takraw.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…