Sabtu, 24 Oktober 2009 13:22 WIB News Share :

Rama, panggilan khusus Paspampres pada Wapres Boediono

Jakarta–Setiap kali Presiden dan Wakil Presiden RI berganti, setiap kali itu pula mereka memperoleh nama panggilan khusus dari Paspampres. Untuk Wapres Boediono, namanya barunya adalah Rama.

Namun sebaiknya Anda tidak iseng memanggil Boediono dengan nama itu, Rama hanya berlaku di lingkungan tim pengawal dan pengamanan. Itu pun hanya dalam pembicaraan komunikasi radio atau istilah teknisnya dikenal sebagai call sign.

Sementara call sign untuk Presiden SBY adalah Kresna. Nama ini sudah berlaku lima tahun, yakni semenjak dia memenangkan kontes Pilpres 2004.

Sudah menjadi tradisi lingkungan Paspampres menggunakan nama tokoh wayang sebagai call sign dibanding RI1 dan RI2 yang lebih populer. Tidak ada batasan apakah itu tokoh mitologi Baratayudha atau Ramayana.

Penggunaan nama itu pun berlaku ekslusif dan tidak bisa dipertukarkan dengan presiden atau wapres baru. Call sign bagi Megawati hingga kini masih Nawang Wulan, dan Arjuna bagi Jusuf Kalla.

“Arjuna diistirahatkan. Rama diluncur!” Begitu suara kemerosak dari handy talky seorang Paspampres 20 Oktober kemarin.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
CV. HORISON, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…