Sabtu, 24 Oktober 2009 13:20 WIB Sport Share :

Parriera kembali latih Afsel

Johannesburg–Pelatih asal Brazil Carlos Alberto Parreira telah ditunjuk sebagai pelatih Afrika Selatan untuk putaran final Piala Dunia 2010, melanjutkan pekerjaan yang ia tinggalkan 18 bulan lalu, demikian diumumkan asosiasi sepak bola negara tersebut, Jumat.

Parreira sekarang sedang menuju partisipasinya yang keenam kali dalam Piala Dunia sebagai pelatih setelah ditunjuk menggantikan rekan senegaranya Joel Santana, yang dipecat pada Senin setelah hasil buruk yang diraih tuan rumah Piala Dunia itu dalam pertandingan-pertandingan pemanasan baru-baru ini.

Parreira yang berusia 66 tahun pertamakali didekati pada 2006 untuk membangun tim yang kompetitif untuk Afrika Selatan menjadi tuan rumah putaran final Piala Dunia 2010 tetapi keluar setelah bertugas dalam 21 pertandingan pada April ketika istrinya jatuh sakit kanker.

Ia kembali ke Rio de Janeiro untuk merawatnya, dan merekomendasikan Santana sebagai pengganti.

Tetapi Santana hanya punya sedikit kemampuan yang dimiliki rekan senegaranya itu dan setelah 18 bulan, diminta mengundurkan diri usai delapan kekalahan dari sembilan pertandingan terakhir yang diderita  Afrika Selatan dan tampak seperti tim yang lesu delapan bulan sebelum Piala Dunia dimulai.

“Alasan memilih Parreira begitu cepat adalah kami punya kendala waktu yang besar karena Piala Dunia sudah dekat,” kata presiden Asosiasi Sepak Bola Afrika selatan (SAFA) Kirsten Nematandani dalam temu pers.

“Saya akan jujur dan mengatakan bahwa kami tahu pelatih-pelatih lain kelahiran Afrika Selatan yang bersemangat untuk ditunjuk. Tetapi kami semata-mata tidak punya waktu untuk membuat daftar para kandidat.”

Kembalinya Parreira memunculkan kritik dari beberapa toko sepak bola terkenal Afrika selatan, termasuk mantan-mantan pelatih yang merasa inilah saatnya menunjuk pelatih lokal untuk memimpin tim di putaran final Piala Dunia.

Tetapi SAFA mengatakan mereka sudah mulai berbicara dengan Parreira mengenai kemungkinan kembali sebelum memecat Santana.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PD.BPR BANK BOYOLALI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…