Sabtu, 24 Oktober 2009 17:20 WIB News Share :

Kanker usus besar masuk 10 besar penyebab kematian di Indonesia

Semarang (Espos)–Meski belum diketahui angka pasti kematian, kanker usus besar telah masuk 10 besar penyebab kematian di Indonesia.  Staf Pengajar FK Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dr Andy Maleachi SpKBD menyatakan meski belum diketahui jumlah pastinya, namun, kanker usus besar ini telah menempati keganasan kedua tertinggi di negara maju.

“Diperkirakan di Uni Eropa tahun 2004 terdapat 376.400 kasus dengan kematian sebanyak 149.400 kasus,” ujarnya dalam roadshow media yang digelar Yayasan Kanker Indonesia, Indonesian ostomy association dan Sanofi Aventis, Sabtu (24/10) di Semarang.

Andy menambahkan perbulan diperkirakan terdapat 10 kasus kanker usus besar, dengan usia penderita tidak lagi di atas 60 tahun, tetapi dibawah 60 tahun.

Sementara dr Aru W Sudoyo dari Yayasan Kanker Indonesia mengatakan penyebab terjadinya kanker usus besar, selain karena faktor genetik, juga karena pola makan, terutama kebiasaan merokok.

oto

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…