Haji
Jumat, 23 Oktober 2009 - 15:18 WIB

Tim kesehatan Jeddah siap sambut jemaah haji

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jeddah–Tim kesehatan Daerah Kerja Jeddah telah siap menyambut jemaah calon haji yang dijadwalkan berdatangan di Jeddah mulai hari Jumat.

“Kami siap menyambut jemaah haji,” kata Kepala Sektor Kesehatan Daker Jeddah dr. Hasto Nugroho.

Advertisement

Menurut dia, tim kesehatan Daker Jeddah beranggotakan 18 orang yang terdiri dari empat dokter spesialis, enam perawat, dan sisanya apoteker.

Mengenai ketersediaan obat-obatan, ia mengemukakan stok sudah disiapkan di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah jika sewaktu-waktu diperlukan jemaah.

Advertisement

Mengenai ketersediaan obat-obatan, ia mengemukakan stok sudah disiapkan di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah jika sewaktu-waktu diperlukan jemaah.

“Obat-obat akan dibawa oleh masing-masing tim medis kloter ke Madinah dan Mekkah, hingga berakhir masa musim haji,” ujarnya.

Tim Kesehatan akan merujuk jemaah yang memerlukan perawatan medis ke rumah-rumah sakit pemerintah Arab Saudi di Jeddah.

Advertisement

Sementara itu, Kadaker Jeddah Subhan Cholid mengemukakan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan hotel dan apartemen untuk transit para jemaah haji saat pemulangan mereka seusai ibadah haji jika terjadi keterlambatan jadwal penerbangan akibat kemungkinan padatnya lalu lintas penerbangan di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Berdasarkan pengalaman, sekitar seminggu seusai Idul Adha sering terjadi kepadatan frekuensi penerbangan di bandara KAA karena jemaah berebut kembali ke negara masing-masing sehingga sering terjadi penundaan jadwal penerbangan.

“Jemaah haji Indonesia yang jadwal kepulangannya terlambat 24 jam akan diinapkan di hotel atau penginapan transit yang disediakan,” katanya.
Sementara Mayor Inf. Mustanji S.Ag yang bertugas di Pengamanan (Pam) Teknik Urusan Haji Jeddah mengimbau jemaah agar mematuhi aturan yang telah ditetapkan, baik saat mereka di Jeddah, di Mekkah, maupun di Madinah agar keselamatan dan kenyamanan ibadah mereka terjaga.

Advertisement

“Dengan mematuhi peraturan, diharapkan pelaksanaan ibadah mereka akan berjalan lancar,” katanya.

Ia menambahkan, Tim Pengamanan Pelaksanana Haji tahun ini seluruhnya beranggotakan 30 orang yang terdiri dari TNI AD (12), TNI AL (6), TNI AU (6) dan Polri (7) dibagi dalam tiga wilayah kerja yakni Jeddah, Mekkah dan Madinnah.

ant/fid

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Jeddah Jemaah Haji Sambut Siap
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif