Jumat, 23 Oktober 2009 13:32 WIB News Share :

Seleksi CPNS Jateng gunakan online

Semarang–Proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Provinsi Jawa Tengah tahun 2009 akan menggunakan sistem online.

“Saat ini, sistemnya sedang dipersiapkan dengan matang agar jangan sampai merugikan masyarakat,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah Agus Setianto, di Semarang, Jumat (23/10).

Menurut dia, penggunaan sistem ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya calo yang mungkin bermunculan saat proses seleksi pegawai negeri berlangsung.

Ia mengatakan, seluruh persiapan sistem online ini semuanya dilakukan oleh tim dari pemerintah provinsi.

Ia menuturkan, formasi calon pegawai negeri sipil untuk Jawa Tengah tahun 2009 sebanyak  19.487 orang, yang terdiri 1.243 formasi untuk pemerintah provinsi masing-maring tenaga honorer 680 orang, umum 563 dan pelatih olahraga 78 orang. Sedang sebanyak  18.244 formasi kabupaten/kota, yang terdiri dari tenaga honorer  5.662 orang, Sekdes 687 dan pelamar umum sebanyak 12.437 formasi.

Selain itu, lanjut dia, pada seleksi tahun ini terdapat 13 kabupaten/ kota yang akan menggelar seleksi secara mandiri.

Ke-13 daerah tersebut meliputi Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Solo, Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Klaten, Kabupaten Pekalongan, Kendal, Rembang, Pemalang, Banyumas dan Wonosobo.

Menurut dia, meski digelar mandiri, tahapan seleksi tetap digelar serentak di seluruh Jawa Tengah.

“Hanya pengolahan hasil seleksi yang dilakukan sendiri oleh daerah yang menggelar secara mandiri,” katanya.

Ia menambahkan, proses pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil ini akan digelar mulai 26 Oktober hingga 9 November 2009.

oto/ant

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTORINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pribumi dalam Kuasa Kata

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (26/10/2017). Esai ini karya Aris Setiawan, pengajar di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah segelas.kopi.manis@gtmail.com.  Solopos.com, SOLO–Pada 19 juli 1913 terbit artikel berjudul Als ik een Nederlander was (Andai Saya…