News
Jumat, 23 Oktober 2009 - 16:52 WIB

SBY: Putra daerah Maluku akan masuk KIB II

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Beberapa pos penting di pemerintahan SBY-Boediono saat ini masih kosong. Salah satu di antaranya akan diisi oleh seorang tokoh yang berasal Maluku.

“Tidak lama lagi akan ada putra dari Maluku yang akan menempati posisi strategis dalam pemerintahan ini,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Advertisement

Hal itu disampaikan SBY saat membuka sidang paripurna KIB jilid II di Kantor Sekretariat Negara, Jalan Majapahit, Jakarta, Jumat (23/10).

Sebelumnya SBY menjelaskan bukan hanya kapabilitas dan kompetensi personal yang jadi pertimbangan penyusunan keanggotaan KIB II. Melainkan juga faktor keterwakilan gender dan daerah asal yang ikut menggambarkan keragaman Indonesia.

Namun tentu saja tidak semua suku daerah di Indonesia bisa diwakili dalam KIB II. Sebab bagaimana pun slot dalam kabinet hanya ada 34 di luar Kepala BIN, Kepala BKPM, Kapolri, Panglima TNI, Jaksa Agung dan Seskab.

Advertisement

Khusus mengenai masalah gender, dibanding KIB I yang hanya ada 4 menteri wanita di KIB II terdapat 5 orang. Namun memang diakui persentasinya terhitung kecil bila dibanding jumlah anggota KIB II yang totalnya terdiri dari 34 orang.

Posisi yang masih lowong dalam pemerintahan adalah Sekretaris Kabinet dan Juru Bicara Kepresidenan. Di luar itu masih terbuka posisi wakil menteri di sejumlah departemen yang dinilai punya cakupan tugas kompleks dan berat.

dtc/fid

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : KIB II Putra Maluku SBY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif