Jumat, 23 Oktober 2009 17:00 WIB News Share :

SBY
Akan ada putra Maluku di KIB II

Jakarta–Beberapa pos penting di pemerintahan SBY-Boediono saat ini masih kosong. Salah satu di antaranya akan diisi oleh seorang tokoh yang berasal Maluku.

“Tidak lama lagi akan ada putra dari Maluku yang akan menempati posisi strategis dalam pemerintahan ini,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hal itu disampaikan SBY saat membuka sidang paripurna KIB jilid II di Kantor Sekretariat Negara, Jalan Majapahit, Jakarta, Jumat (23/10).

Sebelumnya SBY menjelaskan bukan hanya kapabilitas dan kompetensi personal yang jadi pertimbangan penyusunan keanggotaan KIB II. Melainkan juga faktor keterwakilan gender dan daerah asal yang ikut menggambarkan keragaman Indonesia.

Namun tentu saja tidak semua suku daerah di Indonesia bisa diwakili dalam KIB II. Sebab bagaimana pun slot dalam kabinet hanya ada 34 di luar Kepala BIN, Kepala BKPM, Kapolri, Panglima TNI, Jaksa Agung dan Seskab.

Khusus mengenai masalah gender, dibanding KIB I yang hanya ada 4 menteri wanita di KIB II terdapat 5 orang. Namun memang diakui persentasinya terhitung kecil bila dibanding jumlah anggota KIB II yang totalnya terdiri dari 34 orang.

“Tidak mungkin saya tidak pertimbangan soal gender. Tidak ada yang subyektif dalam pertimbangan ini, jangan salah tafsir,” ujar SBY.

Posisi yang masih lowong dalam pemerintahan adalah Sekretaris Kabinet dan Juru Bicara Kepresidenan. Di luar itu masih terbuka posisi wakil menteri di sejumlah departemen yang dinilai punya cakupan tugas kompleks dan berat.

 

dtc/tya

lowongan pekerjaan
SOLO GRAND MALL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…