Jumat, 23 Oktober 2009 13:39 WIB Ekonomi Share :

Menkeu
Beasiswa LN bebas pajak

Jakarta–Menteri Keuangan Sri Mulyani memutuskan untuk membebaskan Pajak Penghasilan (PPh) dari beasiswa dalam rangka mengikuti pendidikan baik di dalam ataupun di luar negeri.

Ketentuan ini ditetapkan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.154/PMK.03/2009 tentang Beasiswa yang Dikecualikan dari Objek Pajak Penghasilan, aturan ini merupakan perubahan dari aturan sebelumnya yaitu PMK No.246/PMK.03/2009 dimana dalam aturan ini hanya beasiswa dalam negeri saja yang dibebaskan dari PPh.

Demikian disampaikan Departemen Keuangan, Jumat (23/10).

Aturan pembebasan PPh ini tidak berlaku apabila penerima beasiswa mempunyai hubungan istimewa dengan pemilik, komisaris, direksi, atau pengurus dari Wajib Pajak pemberi beasiswa.

Adapun yang dimaksud dengan pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas tingkat pendidikan  dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi, sedangkan pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….