Jumat, 23 Oktober 2009 16:37 WIB Solo Share :

Dishub ajukan Rp 900 juta untuk Jaladara

Solo (Espos)–Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo mengajukan anggaran senilai Rp 600 juta-Rp 900 juta pada Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPBD) 2010 untuk kereta wisata uap Jaladara.

Biaya itu sudah termasuk untuk pembayaran sewa ke PT Kereta Api (KA) dan biaya promosi dan lain-lain.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Dishub Solo, Yosca Herman Soedrajad, saat ditemui seusai penandatanganan memorandum of agreement (MoA) antara Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dengan PT KA di rumah dinas Walikota Solo Loji Gandrung, Jumat (23/10).

Yosca mengatakan, tahun 2009 ini, Pemkot telah mengeluarkan anggaran senilai Rp 590 juta untuk proses mulai dari perbaikan lokomotif dan gerbong, perawatan kemudian biaya operasional kereta wisata Jaladara.

Sebagaimana diinformasikan biaya operasional untuk sekali perjalanan kereta wisata dari Stasiun Purwosari hingga Stasiun Solo Kota di Sangkrah mencapai Rp 3,5 juta. Sejak kali pertama diujicoba bulan September 2009, sampai saat ini kereta Jaladara sudah beroperasi sebanyak 12 kali perjalanan.

“Kalau berdasarkan perhitungan kami, dana yang diperlukan untuk pengoperasian selama setahun mencapai Rp 600 juta-Rp 900 juta. Tapi itu nanti tergantung APBD, berapa yang akan dialokasikan,” jelas Yosca.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama (Dirut) PT KA, Ignasius Jonan dan Walikota Solo, Joko Widodo.

“Perjanjian ini meliputi sewa menyewa, operasional dan sebagainya,” katanya.

Dirut PT KA, Ignasius Jonan mengungkapkan, kereta uap yang dioperasikan di Solo adalah yang kedua di Indonesia setelah Sawahlunto. Namun, di Solo nilai historisnya lebih tinggi.

Dalam kerja sama tersebut, Jonan mengatakan, pihaknya mendukung penyediaan lokomotif dan gerbong, tenaga pengoperasian dan hal teknis lainnya.

shs

lowongan pekerjaan
SOLO GRAND MALL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…