Kamis, 22 Oktober 2009 15:35 WIB News Share :

SBY
Saya nahkoda pemerintahan

Jakarta–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, dirinya adalah nakhoda pemerintahan saat ini sehingga semua menteri harus loyal dan bertanggung jawab kepadanya.

“Saya mengingatkan pula kita menganut sistem kabinet presidensial. Presiden adalah nakhoda, loyalitas dan garis pertanggungjawaban saudara adalah ke presiden, bukan ke pimpinan-pimpinan parpol dalam hubungan tugas pemerintahan. Saya harap camkan benar,” kata Presiden dalam pidatonya seusai melantik menteri anggota Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II di Istana Negara, Jakarta, Kamis (22/10).

Presiden juga mengingatkan 34 menteri dan 2 pejabat negara baru itu bahwa mereka telah berada dalam jajaran kabinet dan pemerintahan.

“Dari manapun saudara berasal, termasuk parpol manapun saudara berasal, saya berharap letakkan kepentingan pemerintah bangsa dan negara di atas kepentingan parpol, kelompok dan golongan. Jangan dibalik. Rakyat secara tegas akan mengawasi atas komitmen ini,” katanya.

Presiden meminta agar semua anggota kabinet untuk mengabdikan semua pikiran, waktu dan tenaga buat kepentingan rakyat.

“Anda adalah putra-putri bangsa yang terpilih, setelah uji seleksi yang kredibel dan transparan saya nilai cakap untuk masuk dalam kabinet ini. Tunjukkan dan buktikan dalam tugas nanti,” katanya.

Menurut Presiden, para menteri yang sudah menandatangani pakta integritas atau kode etik yang akan dijalankan, serta kontrak kinerja
mengenai sasaran dan tujuan apa yang hendak dicapai.

“Setiap tahun saya akan evaluasi. Lima tahun mendatang tidaklah ringan, gejolak minyak dan persoalan dalam negeri yang kompleks. Jadi
siapkan pikiran dan fisik untuk berpikir cerdas dan bekerja keras yang semuanya untuk kepentingan rakyat,” katanya.

ant/fid

lowongan peekrjaan
PT. Integra Karya Sentosa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…